Wednesday, September 12, 2018

Ingin ‘bergoyang lidah? Ayo ke Medan!

#Gaadamatinya
#2thGandjelrel
#ZenFone3ID
#jepretkulinernusantara

Hai, selamat siang kawan-kawan semua? Apa kabarnya? Semoga sehat dan sukses selalu ya. Amin!
Siang-siang gini memang paling enak bicarain makananHari ini aku ingin berbagi makana
Kita bersyukur memiliki negeri Indonesia yang tidak hanya terdiri atas pulau-pulau yang indah dengan berbagai kekayaan alam, suku, bahasa, kebudayaan adat istiadat, dan juga aneka makanan khas. Dalam hati dan doa selalu terselip semoga bisa berwisata menjelajah negeri Indonesia. Semoga!
HORAS!!! adalah sapaan khas suku Batak sebagai salah satu suku di Sumatera utara.
Menurut Wikipedia, Sumatera Utara terhempang di luas tanah sekitar 72.981 km2 yang dihuni lebih 12 juta penduduk di 8 kota, 25 kabupaten, 235 kecamatan, dan dua ribuan lebih kelurahan.
Sumatera Utara sangat kaya tempat wisata yang indah contohnya Danau Toba yang dijuluki “negeri indah kepingan surga”dan masuk dalam destinasi wisata dunia, berbagai suku, budaya, dan bahasa. Meski didominasi oleh suku Batak, sumatera Utara juga dihuni oleh suku Melayu, Minang, Nias, Jawa, juga Banjar. Berbagai suku ini tentunya memiliki budaya, bahasa, dan tentunya makanan khas atau kuliner masing-masing.
Biasanya berburu destinasi wisata secara otomatis berburu kuliner. Tidak salah dan sudah terbukti koq kalau Sumatera Utara yang beribukota Medan ini adalah salah satu surganya kuliner di Indonesia. Sajian khas dijamin bisa menggoyang lidah khususnya makanan aslinya yang telah diwariskan turun temurun. 
Kali ini aku mau memperkenalkan beberapa makanan khas Batak Toba yang juga merupakan kuliner nusantara, kaya bumbu dengan ciri khas pakai andaliman atau tuba (si Merica batak) yang memberi cita rasa “menggoyang” dan memberi sensasi pedas dan kelu di lidah. Walaupun asal makanan dari tanah Batak, Tapanuli tetapi sudah menjadi menu yang ditemukan di hampir di semua rumah makan atau lapo bahkan menu sehari-hari. Tidak hanya masakan yang pedas-pedas atau jajanan ala batak , eitsss buat kamu yang tidak suka masih ada beberapa pilihan lain yang tidak kalah maknyozzz..
Okelah kawan, panjang kali ya pengantarnya, sudah gak sabar tentunya. Buat kamu yang sedang berencana ke kota Medan, cok kau tengok-tengok makanan yang menurutku pantang pulang kalo gak dicicipi atau nyesel dan harus balik lagi…serius lohh..

SAMBAL TUKTUK -Sambal Batak. Suka sambal? Bahan sambal ini sebenarnya sama dengan sambal lainnya pembedanya adalah tambahan andaliman.
MANUK NAPINADAR, berasal dari dua kata, yaitu Manuk dan Napinadar. Manuk
(bahasa Batak), artinya Ayam Kampung, sedangkan Napinadar, artinya yang dibakar atau dipanggang dengan dilumuri bumbu khas yang telah disiapkan sebelumnya termasuk andaliman. Bagi sebagian orang bumbu tersebut dicampurkan saos darah ayam yang sebelumnya telah diberi garam dan jeruk nipis dengan proses kematangan yang pas.
Kalau kamu tidak suka daging masih ada masakan olahan ikan namun tetap kaya bumbu termasuk andaliman. Dalam bahasa batak ikan sama dengan dengke (baca: dekke), biasanya dengan ikan mas.
DENGKE ARSIK. Arsik ini merupakan menu masakan ikan mas bumbu kuning
dengan sisiknya yang tidak dibuang (tergantung selera).

DENGKE NA NIURA seringjuga disebut ‘sushi’nya orang Batak
Ikan ini tidak dimasak dengan api. Adalah asam jungga dan bumbu yang dilumuri ke ikan selama beberapa jam dan taraaaa ikannya matang, lunak, dan tidak bau amis loh..Asam Jungga secara kimiawi mampu menghilangkan bau amis dan mengubah ikan mentah menjadi matang. Wow, kelihatan ekstrim? Coba dulu, dijamin kamu ketagihan.

DENGKE NA TINOMBUR
Tinombur atau tombur bisa berarti dikukus atau direbus. Ikannya bisa digoreng atau dibakar, tetapi semua bumbu-bumbunya direbus dan kemudian dihaluskan untuk disiramkan ke atas ikan bakar. Bila disamakan dengan masakan Nusantara lainnya, ikan tombur mirip gabungan antara ikan bakar rica dan woku dari Sulawesi Utara. Tetapi, na tinombur punya citarasa yang sangat kompleks.
SAYUR DAUN UBI TUMBUK
Sayur ini menu yang selalu hadir menemani sambal dan masakan ikan atau ayam di atas. Daun ubi singkong ditumbuk bersama dengan kecombrang dan dimasak dengan santan. Bisa juga dinikmati bersamaan dengan ikan asin atau teri medan.

MIE GOMAK atau Spaghetti ala Batak
Mie lidi yang mirip spagetty yang sudah direbus akan dimasak (digoreng maupun kuah) dengan tambahan bumbu andaliman pada kuah atau sambalnya. Mengenai asal usul sebutan untuk menu ini beragam versi. Sebagian menyebutkan, mungkin karena cara penyediaannya digomak-gomak (digenggam pakai tangan) hingga sampai saat ini disebut mie gomak.

SOTO MEDAN
Ciri khas dari soto Medan adalah terletak pada kuahnya yang berwarna kuning kehijau-hijauan, karena mengandung santan dan rempah. Dari warna kuahnya saja, mata sudah dibuat melirik, apalagi saat disantap. Soto Medan yang paling terkenal di Medan ada di Rumah Makan Sinar Pagi yang berada di Jalan Sei Deli persimpangan Gatot Subroto. Alamakkk….mantap kalilah!


Untuk jajanan atau oleh-oleh ada beberapa yang bisa kamu nikmati atau bawa pulang.
Selain Bika Ambon, jajanan asli Sumatera Utara kamu juga harus cicipi ‘snack’ khas Batak, seperti Sasagun, Pohulpohul, Lappet dan ombus-ombus adalah ‘snack’ khas batak dengan bahan sederhana dengan bentuk yang unik, contohnya pohul-pohul karena dibentuk dengan kepalan dengan tangan. Biasanya penganan ini lebih enak dinikmati jika panas-panas dan disajikansebagai makanan pelengkap minum teh atau kopi.

Kalau kali ini aku memang banyak membahas makanan khas dari Batak Toba, sebenarnya masih buuuanyak makanan khas Sumut lainnya, mungkin dengan bahan sama namun dengan olahan berbeda sehingga penamaannyapun berbeda pulak atau jajanan berselera khas seperti Lemang dari Tebing tinggi yang gurih, kacang Sihobuk dari Sibolga yang renyah atau Roti ketawa atau onde-onde mekar ala Pematang siantar, dan juga menikmati limpahan durian yang bisa dimakan secara langsung atau pancake durian yang lezat.

Maaf beberapa foto memang kelihatan blur terasa beda memang ketika dijepret dengan Asus Zenfone dan ternyata ada rahasianya pada kualitas PixelMaster kameranya yang wow! Kamera depan belakang dilengkapi dengan 13MP dengan apertur lensa f/2.0 mengambil gambar resolusi tinggi tanpa jeda rana sementara kamera depannya 5 MP. Selain itu, otofokus laser terbaru mampu mengurangi gambar buram dan menyempurnakan stabilisasi gambar, model Low Light-nya pun memiliki teknologi pixel-merging untuk mengambil foto yang 400% lebih terang di malam hari atau ruang minim cahaya tanpa bantuan lampu kilat sehingga setiap jepretan tetap akurat, bagus, dan keren.





Nah, buat kamu-kamu yang memang suka fotografi sekaligus traveling, Asus ZenFone adalah pilihan yang paling tepat…
Kalau aku pengen SEMUA momen itu diabadikan dalam Asus Zenpad 8.0 Z380KL. layarnya didukung oleh tru2life technology,  kapasitas memori internal cukup besar dengan 32GB  dan bisa menambahkan memori eksternal hingga 128GBdibekali.. Prosesor berteknologi 64 bit Quad-Core Qualcomm Snapdragon 1.3GHz yang dipadukan dengan RAM sebesar 3GB untuk hasil kecepatan kerja yang optimal serta stabil. Meskipun spesifikasi ASUS ZenPad 8 tinggi dan cepat, namun daya baterai amatlah hemat.  wuihhh…pengen..semoga! Semoga!


Jadi macem mana? cocok ko rasa kawan?  Mumpung lagi weekend dan sebentar lagi makan siang, yuk, saling berbagi makanan apa sih yang paling kamu suka atau kangen dari Sumatera Utara atau silahkan berbagi juga makanan apa yang kamu rekomendasikan atau kuliner yang paling berkesan waktu travelling ke daerah lain, sapa tau jadi the next destination ya kan….ditunggu loh… Horas!! Horas!!

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.


No comments:

Post a Comment